24.2.10

Peradapan Manusia Suku Dani Yang Mendiami Wilayah Lembah Baliem

Pulau Papua Merupakan Pulau kedua terbesar di Dunia setelah P.Greenland yang terbentuk pada zaman Yura (180 Juta Tahun Yang lalu). Sedangkan Manusia telah hidup di Dunia \sejak zaman kuarter pada kala Pleistosen 2,5-3 Juta Tahun Yang Lalu (Manusia Purba) dan Holosen(0,1 Juta Tahun Yang Lalu/Manusia Modern). Namun Apakah Suku Dani yang mendiami wilayah lembah baliem ini telah ada sejak zaman ini? Tentunya hal ini tidak dapat dibuktikan tidak pernah ditemukannya fosil-fosil manusia purba di P.Papua.

Menurut para ahli sejarah awalnya pulau-pulau di Indonesia, Kepulauan pasifik hingga Australia hingga Papua merupakan pulau-pulau kosong yang tidak berpenghuni. Gelombang-gelombang penghuni pertama pulau-pulau ini berasal dari Dataran China dan Benua Afrika yang datang antara 30.000 sampai 40.000 Tahun yang lalu. Sedangkan Manusia yang menghuni pulau Papua baru ditemukan pada abad ke 19.

Bagaimana dengan Suku Dani yang mendiami daerah Lembah Baliem?

Peradapan Manusia Papua, Khususnya Suku Dani yang mendiami daerah lembah baliem merupakan peradapan Suku yang bisa dikatakan masih sangat baru.

Suku Dani yang mendiami daerah Lembah Baliem merupakan salah satu Suku Terbesar yang mendiami Wilayah Pegunungan Tengah Papua Selain Suku Dani Wilayah Pegunungan Tengah Papua didiami oleh suku, Ekari, Moni, Damal, Amugme dan beberapa sub suku lainnya.

Suku Dani yang mendiami wilayah lembah baliem dan sekitarnya diperkirakan merupakan suku yang berasal dari wilayah Timur Lembah Baliem atau di kenal dengan nama daerah yali (pada saat ini masuk dalam kabupaten Yalimo dan Kabupaten Yahokimo). Sehingga berdasarkan cerita rakyat yang sering dibicakan oleh orang tua2 bahwa nenek moyang suku dani berasal dari orang Yali.

Mitos menceritakan bahwa orang pertama/ manusia pertama suku Dani bernama Pumpa (Pria) dan Nali nali(Wanita) yang masuk ke Lembah Baliem dari arah timur melalui sebuah Goa. Ada beberapa sumber yang mengatakan Goa pertama tempat keluarnya manusia pertama ini berasal dari Goa Kali Huam (Daerah Siepkosy), ada pula yang mengatakan dari Goa di Daerah Pugima dan sebagian mengatakan bahwa keluarnya Manusia pertama suku dani ini berasal dari dari Pintu masuk angin di daerah Kurima.


Kurangnya penelitian agak menyulitkan diambilnya suatu keputusan asal usul suku Dani, keberadaan pulau papua sendiri baru ditemukan pada tahun 1511 oleh bangsa portugis dalam perjalananya mencari rempah-rempah. Sedangkan suku Dani sendiri baru ditemukan pada tahun 1954 oleh Lourentz pada saat melakukan ekspedisi ke G.Trikora.

Sampai dengan saat ini diperkirakan Suku Dani yang mendiami wilayah lembah baliem merupakan Generasi ke 5 Suku Dani, bila ditarik dari cerita-cerita peradapan Nenek Moyang Suku Dani.

Dengan Perkembangan Teknologi yang sangat pesat, dimana peradapan Suku Dani yang kala itu masih berada pada Zaman Batu dihadapkan pada peradapan Kehidupan modern, langsung melewati beberapa tahapan peradapan tentunya menjadi sebuah ancaman serius bagi Suku Dani dalam peradapan Suku yang semakin melupakan Budayanya ini. Wah…wah…wah….(Created By : Vincent Kosay’99)

(Sumber : Berdasarkan cerita-cerita rakyat dan dongeng2 yang disampaikan langsung kepada penulis, Thanks to; Tete Weakodek Kosay, Bapa Ade Agus Kosay, & Kaka Ipar Paul Elosak)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Asalamu'alaikm.
Mf k' mu tanya nich. .tgas scl.
Apa faktor penghambt,permasalahan internal
, suku dani sulit untk berkmbang?

Tlng d'jwb ea 3 p'tnyaan itu,kalo bsa mlm ini..
Maaf,trma ksh sblum'y.

Unknown mengatakan...

Maaf Rivka baru dibalas, karena baru buka blog hari ini, sebelumnya saya ingin menanyakan berkembang dalam hal apa pertanyaan yang dimaksud dari rivka, kalo bisa lebih spesifik pertanyaanya bisa dikirimkan lewat email/facebook saya di: vincos2000@yahoo.com
terimakasih